Selasa, 18 Februari 2014

Contoh Pidato tentang Kesehatan

Nah, kalian pasti lagi bingung banget sama tugas bahasa Indonesia. Apalagi kalau lagi disuruh buat pidato, bingung inilah itulah, kata-katanya, kalimatnya, berapa paragraf, keefektifan kalimat, dan masih banyak yang lainnya. Nah dibawah ini adalah salah satu contoh pidato tentang kesehatan, yang sudah dijamin keefektifan kalimatnya. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Ibu Sri Winarni Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Dan teman – teman yang saya sayangi.
Marilah kita memanjatkan doa dan mengucapkan Syukur kehadirat Alloh SWT atas rahmat taufik hidayah serta InayahNya sehingga pada kesempatan ini kita dapat hadir di ruang ini.
Pada kesempatan ini saya akan berpidato yang bertema “Kesehatan” dengan tujuan mengajak teman – teman agar dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.
Teman – teman yang saya sayangi,
Kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, karena jika kita sehat kita dapat beraktifitas dengan normal. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita. Sekarang ini banyak sekali penyakit yang dapat menular seperti flu, penyakit mata, TBC, dan lain-lain. Ada beberapa fakor yang memudahkan tubuh kita terserang penyakit, yang pertama adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan kita terkena penyakit kulit, DBD, gatal – gatal, dan lain-lain. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, mengubur barang – barang bekas, serta menguras bak mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk. Yang kedua adalah pencemaran udara, pencemaran udara diakibatkan oleh asap yang berasal dari pabrik dan kendaraan bermotor. Untuk itu, kita harus mengurangi penggunaan kendaraan bermotor seperti menggunakan sepeda. Dengan menggunakan sepeda, kita akan mendapatkan manfaatnya seperti tubuh menjadi lebih segar serta tidak menyebabkan pencemaran udara. Dan yang ketiga adalah pola hidup yang kurang baik seperti kurang istirahat, sekarang ini banyak masyarakat yang lebih mementingkan pekerjaannya dari pada istirahatnya. Maka dari itu sesibuk apapun pekerjaan kita, sempatkanlah untuk beristirahat dan tidur dengan cukup.
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti berolah raga, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan menerapkan pola hidup yang bersih dan disiplin.
Hadirin yang berbahagia,
Berdasarkan uraian pidato yang saya sampaikan, dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Dan untuk menghindarinya, kita harus menjaga lingkungan sekitar dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Hadirin yang berbahagia,
            Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Sekali lagi saya mengajak hadirin untuk menjaga kesehatan karena sehat mahal harganya.
            Sekian pidato saya. Apabila ada tutur kata dan sikap saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Di atas adalah contoh sebuah pidato dengan tema Kesehatan, sebenarnya tema untuk pidato itu masih banyak sekali. Semoga pidato diatas bermanfaat ya untuk kalian :) jangan lupa kalau mau copas sertakan link saya. Trimakasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar