Selasa, 03 Februari 2015

19 Kompetensi Kecerdasan Emosional

 19 Kompetensi Kecerdasan Emosional

Goleman mengusulkan bahwa kecerdasan emosional terdiri dari empat domain luas. Ini terdiri dari 19 kompetensi:

Kesadaran Diri

1. Emotional kesadaran diri : Membaca emosi sendiri seseorang dan mengakui dampaknya.
2. Akurat penilaian diri: mengetahui kekuatan seseorang dan batasnya.
3. Percaya diri : rasa suara seseorang diri

Kemampuan Swakelola

4. Emosional pengendalian diri : Menjaga  terganggunya emosi dan terkendalinya impuls
5. Transparansi: Menampilkan kejujuran dan integritas; kepercayaan
6. Adaptasi: Fleksibilitas dalam beradaptasi dengan situasi berubah atau mengatasi hambata
7. Prestasi: Dorongan untuk meningkatkan kinerja untuk memenuhi batin standar keunggulan
8. Inisiatif: Kesiapan untuk bertindak dan menangkap peluang
9. Optimisme: Melihat keyakinan dalam acara-acara

Kesadaran sosial

10. Empati: Merasakan emosi orang lain, memahami mereka, perspektif, dan mengambil minat aktif dalam keprihatinan mereka
11. Kesadaran Organisasi: Membaca arus, keputusan jaringan, dan politik di tingkat organisasi
12. Layanan: Mengakui dan bertemu pengikut, klien, atau kebutuhan pelanggan.


Relationship Management

13. Kepemimpinan Inspiratif: Membimbing dan memotivasi dengan menarik perhatian
14. Pengaruh: Memegang berbagai taktik untuk persuasi
15. Mengembangkan orang lain: Memperkuat kemampuan orang lain melalui umpan balik dan bimbingan
16. Ubah katalis: Memulai, mengelola, dan memimpin dalam arah yang baru
17. Konflik Manajemen: Menyelesaikan perselisihan
18. Obligasi Bangunan: Budidaya dan memelihara hubungan jaringan
19. Tim Kerja dan kolaborasi: Kerjasama dan team building

Tidak ada komentar:

Posting Komentar